بسم الله الرحمن الرحيم

Man ana?

product
Selengkapnya...

Index Artikel

product
Selengkapnya...

Jadwal Kajian Terbaru

product
Selengkapnya...

Minggu, April 05, 2009

Koneksi Internet Di PC Menggunakan HP (bag.2- Setting Modem di PC)

Sebelum kita memulai setting internet di PC dengan HP, sebaiknya dipastikan dulu settingan GPRS di HP sudah berhasil/aktif. Caranya yaitu dengan meng-akses internet lewat HP, baik itu dengan browser (program penjelajah internet) bawaan HP ataupun menggunakan browser-browser lainnya yang bisa didapatkan di dunia maya. Salah satu browser untuk HP yang cukup populer adalah Opera Mini, bisa di download di sini

Langkah selanjutnya dalam koneksi internet dengan HP ini yaitu setting parameter modem di PC, tentunya setelah modem di HP kita terdeteksi oleh PC. Untuk ini, kita memerlukan PC Suite atau software untuk media komunikasi antara HP dan PC, biasanya software ini dikemas dalam CD di paket penjualan HP. 

Karena proses instalasi tiap PC Suite berbeda, maka disini tidak akan dibahas cara instalasinya. Untuk yang belum mempunyai PC Suite, bisa mendownload softwarenya di sini (untuk HP Sony Ericsson) atau di sini (untuk HP Nokia).

Setelah modem HP terdeteksi oleh PC, selanjutnya ikuti langkah-langkah yang tertera dalam petunjuk dan screen shot berikut:

1. Klik kanan My Computer, klik Properties

01 My Computer-Properties

2. Klik tab Hardware

02 Hardware 

3. Klik Device Manager

03 Device Manager 

4. Klik tanda [+] di depan  icon Modem, Klik kanan pada modem yang akan dipakai, klik Properties

06 Modem-Properties

5. Klik tab Advanced

07 Modem-Advanced 

6. Pada kotak kosong di bawah tulisan“Extra initialization commands:”,  isi dengan text berikut: AT+CGDCONT=”IP”,”.....”  (titik-titik diantara tanda kutip di isi sesuai dengan APN kartu SIM yang digunakan). Contoh pada screen shot di bawah menggunakan kartu SIM Simpati Telkomsel, jadi diisi dengan APN “telkomsel” (untuk data APN kartu SIM lainnya bisa dilihat di artikel ini), Kemudian klik OK, selesai. 

09 AT CGDCONT

Untuk meyakinkan bahwa modem sudah bisa ber-komunikasi dengan PC, pada windows yang tadi (Modem Properties), klik tab Diagnostic kemudian klik Query Modem. Berikut screen shot perbedaan sebelum dan sesudah Query Modem di-klik:

Sebelum Query Modem di-klik    
                       
10 Query Modem 

Setelah Query Modem di-klik

11 QueryModem Yes! 

Demikian untuk Setting Modem di PC, screen shot di atas (yang terakhir) adalah tanda keberhasilan bahwa modem sudah ter-setting dengan benar. Untuk langkah selanjutnya akan dibahas dalam kesempatan mendatang, InsyaAllah.

Artikel terkait:
Koneksi Internet Di PC Menggunakan HP (bag.3- Setting Koneksi Dial-Up)

0 comments:

Poskan Komentar