Minggu, Februari 14, 2016

Mengais Rizki Halal Adalah Kehormatan

Dari Al-Miqdam Radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
Tidaklah seorang memakan makanan yang lebih baik dari hasil usaha tangannya (sendiri), dan sungguh Nabi Dawud ‘alaihissalam makan dari hasil usaha tangannya (sendiri)” HR. Al-Bukhari no 2072.

Berkata Ibnu Abbas Rodhiyallahu 'anhu: "Dahulu kala Nabi Adam alaihi Sallam adalah seorang pembajak tanah, Nabi Nuh seorang tukang kayu, Nabi Idris seorang penjahit, Nabi Ibrohim dan Nabi luth seorang petani, Nabi Sholih seorang pedagang, Nabi Dawud seorang pandai besi, Nabi Musa, Nabi Su'aib, Nabi Muhammad bin Abdillah Sholawatullah Ta'ala Alaihim adalah seorang pengembala." 
Mukhtashor Minhajul Qoshidin hal 75.

Ada orang yang bertanya pada Abdullah Ibnul Mubarok: “Engkau mengekspor barang-barang dagangan dari negeri Khurasan ke Tanah Haram(Mekkah), bagaimana ini?”.

Maka Abdullah Ibnul Mubarak menjawab: “Sesungguhnya aku melakukan  itu hanya untuk menjaga wajahku (dari kehinaan meminta-minta), memuliakan kehormatanku (agar tidak menjadi beban bagi orang lain), dan menggunakannya untuk membantuku dalam ketaatan kepada Allah”. 

Lalu Al-Fudhail bin ‘Iyadh berkata: “Wahai Abdullah Ibnul Mubarak, alangkah mulianya tujuanmu itu jika semuanya benar-benar terbukti." 
Tahdzibul Kamal (16/20) dan  Siyaru A’laamin Nubala’ (8/387).
 
Abu Sufyan Al Musy | http://bit.ly/uimusy