Senin, Februari 15, 2016

Nasehat Untuk Calon Mertua

Asy Syeikh Bin Baaz Rahimahullähu:

❝Hendaknya seorang laki laki mencari wanita yang solihah, demikian pula  seorang wanita dan wali mereka hendaknya mencari LAKI LAKI YANG SHOLIH, jangan kemudian ASAL DATANG laki laki dari kalangan orang kafir dari orang yang tidak sholat (asy Syeikh berpendapat kafirnya orang yang meninggalkan sholat), juga dari kalangan laki laki peminum khomer, dan orang yang suka mabuk, yang mana mereka ini akan memudhoroti istri mereka dan tidak mendatangkan manfaat.

Selayaknya bagi wanita dan wali mereka janganlah yang menjadi ambisi mereka bahwa calon menantu mereka itu harus fulan bin fulan, atau sudah punya pekerjaan, atau seorang pedagang, atau dia masih single. Bukan ini timbangannya!!.

Hendaknya dipilih laki laki yang SHOLIH walaupun FAQIR!! Allah akan mencukupi dari keutamaannya. Sebagaimana firman Allah: "Dan nikahkanlah anak anak janda kalian, dan budak kalian yang sholih dan sholihah, apabila mereka faqir maka Allah akan mencukupinya dengan keutamaannya" (surat An Nuur 32).

Dan di dalam hadist; "3 orang yang menjadi hak Allah untuk membantu mereka", yang mana Nabi Shollallahu Alaihi Wa Sallam menyebutkan di antara mereka yaitu orang yang menikah untuk menjaga dirinya.

Orang yang menikah untuk menjaga dirinya maka Allah akan bantu dia, walaupun dengan dia BERHUTANG, walaupun dia MEMINJAM, walaupun dengan cara membeli dengan tempo waktu, kemudian dia menjualnya, kemudian dia menikah maka ALLAH AKAN BANTU DIA, dan Allah yang akan menggantinya.

Sebagaimana sabda Nabi Shollallahu Alaihi Wa Sallam: Barangsiapa yang mengambil (dengan keridhoan pemilik) harta manusia dan dia berniat akan menggantinya, maka Allah akan menggantinya, barang siapa yang mengambil harta manusia dengan niat untuk menghancurkannya, maka Allah akan menghancurkannya.❞.

Idzharul Bayyinaat 'An Mahasinit Ta'adduduz Zaujaat 9-10.
Alih bahasa: Abu Arifah Muhammad Bin Yahya Bahraisy